5 Kepulauan di Indonesia yang Asik Untuk Liburan

5 Kepulauan di Indonesia yang Asik Untuk Liburan

CutimuluIndonesia merupakan sebuah negara besar! Mulai dari Sabang sampai Merauke berjajar puluhan ribu pulau yang elok nan eksotis. Tidak kurang sekitar 13 ribu pulau yang keberadaannya sudah dikenali oleh khalayak luas. Setiap dari pulau tersebut juga mempunyai daya tarik alamnya tersendiri.

Tak jarang beberapa dari pulau tadi membentuk sebuah gugusan kepulauan yang menyenangkan untuk dijelajahi. Sebut saya yang paling dekat dari ibu kota Jakarta, Kepulauan Seribu adalah destinasi yang cukup menyenangkan untuk liburan. Atau kepulauan Wakatobi dengan pemandangan underwaternya yang memukau.

Apapun, jika kalian adalah seorang petualang, penyuka alam dan cinta Indonesia, maka paling tidak kalian harus mencoba berlibur ala loncat pulau di beberapa kepulauan yang menyenangkan di Indonesia ini.

  • Gili di Lombok, Nusa Tenggara Barat

Pulau Lombok mungkin merupakan destinasi yang sedang naik daun di Nusa Tenggara. Pulau ini dengan cepat menarik perhatian mata para petualang setelah Bali yang ada di sebelahnya. Tidak hanya turis saja yang mengidolakan destinasi satu ini, Lombok juga menjadi salah satu tujuan liburan favorit para backpacker.

8 Kepulauan di Indonesia yang Asik Untuk Liburan

Keelokan Pulau Lombok setara atau bahkan lebih dari pada Pulau Bali. Bahkan ada juga yang bilang kalau kalian dapat menemukan Bali di Lombok, namun tidak untuk sebaliknya. Misalnya seperti gugusan pulau kecil yang disebut gili disekitar Pulau Lombok, Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air adalah destinasi impian para penyuka perjalanan yang berada di Barat Daya Lombok.

Keindahan tiga gili ini memang sudah tidak diragukan lagi, bahkan Gili Trawangan sendiri sekarang sudah semakin populer sebagai pulau yang sempurna untuki berlibur dan berpesta. Tidak lupa masih ada lagi di sisi barat Lombok yaitu Gili Nanggu yang berada di Selat Lombok atau di pesisir barat Pulau Lombok.

Secara administratif Gili Nanggu berada di wilayah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

Gili_Nanggu_Lombok-Barat

Untuk mencapai Gili Nanggu cukup mudah dengan dua cara. Pertama dari arah Mataram, kalian bisa menuju Pelabuhan Lembar yang berjarak sekitar 27 km, dengan kendaraan, selanjutnya menggunakan perahu ataupun speedboat selama 35 hingga 45 menit.

Alternatifnya, kalian juga bisa melalui rute lain yaitu lewat Tawun, di Sekotong yang berjarak 47 km, dengan kendaraan dan kemudian menggunakan speedboat selama 15 menit. Sekotong juga dapat diakses langsung dari Bandara Internasional Lombok (BIL) dengan waktu tempuh antara 45 menit sampai satu jam saja.

  • Nusa Lembongan dan Nusa Penida di Bali

Nusa Lembongan ini adalah sebuah pulau kecil yang berada di lepas pantai, di tenggara Pulau Bali. Berada tak jauh dari pulau besar disebelahnya, Nusa Penida, sekarang ini dengan cepat menjadi salah satu destinasi liburan terpopuler di Bali.

Ada yang menyebutkan kalau Nusa Lembongan ini adalah surga dunia yang jauh dari keramaian dan sibuknya Bali Selatan. Memang pulau ini adalah tempat terbaik untuk bersantai dan rileks selain Gili Trawangan yang ada di Lombok. Kegiatan utama yang bisa dilakukan di Nusa Lembongan ini meliputi berselancar, menyelam dan snorkeling.

Nusa Lembongan sendiri luasnya sekitar 8km2 nomor dua dari dua pulau lainnya. Pulau yang paling besar adalah Nusa Penida dan yang satunya adalah Nusa Ceningan yang terhubung langsung dengan Nusa Lembongan melalui sebuah jembatan. Jadi kalau liburan ke Nusa Lembongan juga bisa sekalian menjelajah di Nusa Ceningan yang terkenal dengan Cliff Jump Point-nya itu.

8 Kepulauan di Indonesia yang Asik Untuk Liburan

Sementara Nusa Penida adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan oleh Selat Bandung. Dua pulau terdekatnya adalah yaitu Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Walaupun bagian pulaunya tidak terlalu banyak yang bisa dilihat, namun perairan pulau Nusa Penida ini terkenal dengan kawasan menyelam dengan pemandangan yang ciamik. Titik penyelaman yang terkenal di Nusa Penida antara lain di Penida Bay, Manta Point, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh dan Malibu Point.

  • Pulau Kecil Disekitar Tanah Laskar Pelangi, Belitung

Belitung namanya makin membumbung. Ada banyak orang yang semakin mengenal destinasi yang satu ini sejak film Laskar Pelangi yang diangkat dari novel best-seller karya Andrea Hirata ini diputar di bioskop. Tidak heran memang, karena Belitung mempunyai daya tarik tersendiri. Tidak hanya pantai-pantai di Belitung yang membuat siapapun yang datang kesini jatuh cinta, keindahan panorama bawah laut dan keelokan pulau-pulau disekitarnya juga tidak boleh diremehkan.

8 Kepulauan di Indonesia yang Asik Untuk Liburan

Di sekitar Belitung memang terdapat sejumlah pulau yang sejatinya harus kalian lihat ketika berkunjung kesini. Salah satu yang paling terkenal mungkin adalah Pulau Lengkuas dengan mercusuarnya. Dari mercusuar di Pulau Lengkuas ini kalian dapat menikmati pemandangan sekitar yang begitu elok.

Kalian juga bisa mencoba bermain di Pulau Burung atau bersenang-senang ke Pulau Kepayang. Di Belitung kalian bisa berkeliling, loncat dari satu pulau ke pulau lainnya dengan perahu kecil. Biasanya perahu itu tadi bisa disewa dengan harga antara 400-500 ribu rupiah untuk 10 orang plus seorang pemandu. Yuk, ajak teman-teman yang lain juga.

  • Permata di Laut Banda, Wakatobi

8 Kepulauan di Indonesia yang Asik Untuk Liburan

Wakatobi ini sebenarnya adalah gugusan kepulauan cantik yang berada di lepas pantai tidak jauh dari salah satu “kaki” Pulau Sulawesi. Tepatnya sih berada di Sulawesi Tenggara, salah satu titik laut Banda. Nama Wakatobi sendiri diambil dari awalan nama empat pulau utama yang berada di kawasan ini. Yaitu, Pulau Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Tentunya selain keempat pulau utama, masih tersebar beberapa pulau kecil tak berpenghuni yang juga bisa kalian jelajahi satu per satu dengan kapal.

8 Kepulauan di Indonesia yang Asik Untuk Liburan

Lanskap bawah laut Wakatobi ini memang sudah sangat elok dan mendunia. Wakatobi bisa membuat siapapun yang sudah berkunjung ke tempat ini. Bahkan mungkin dapat membuat jatuh cinta dengan keindahannya. Pun, tidak cuma pemandangan bawah lautnya saja yang menawan dan menjadi salah satu spot selam paling elok di dunia. Orang-orang Wakatobi ramah, pemandangan sekitar kepulauannya juga tidak akan terlupakan.

  • Surga di Laut Jawa, Kepulauan Karimunjawa

Tidak begitu jauh dari padatnya Pulau Jawa, ada sebuah kepulauan elok bernama Karimunjawa. Karimunjawa ini adalah sebuah kepulauan yang terletak di Laut Jawa yang masih termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan bagian daratan yang cukup luas sekitar -+ 1.500 hektar dan perairan -+ 110.000 hektar. Karimunjawa ini berkembang menjadi peson wisata Taman Laut di Utara Jawa yang mulai banyak diminati wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Siapapun memang pasti suka dengan pesona yang dimiliki oleh Kepulauan Karimunjawa. Kepulauan kecil yang elok nan melegenda ini sanggup menarik banyak penyuka perjalanan ala loncat pulau untuk singgah kesana. Apalagi untuk mengunjungi Kepulauan Karimunjawa ini tidak perlu lagi banyak biaya kok, karena harga tiket termurah untuk menyebrang ke Karimunjawa hanyalah sekitar empat puluh ribuan.

8 Kepulauan di Indonesia yang Asik Untuk Liburan

Sementara itu moda transportasi paling umum yang digunakan untuk pergi ke Karimunjawa adalah kapal dari Semarang dan Jepara. Dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Kapal Kartini I (kapal cepat) berangkat setiap Sabtu pukul 9 pagi ke Karimunjawa dan kembali dari Karimunjawa setiap Minggu siang. Lama penyeberangan dari sini adalah sekitar 2-3 jam.

Dari Pelabuhan Pantai Kartini Jepara terdapat Kapal Muria yang berangkat setiap dua hari sekali. Lama penyeberangan kapal ekonomi Muria ini kurang lebih dari 6 jam pelayanan. Namun perlu diperhatikan untuk jadwal kapal dari Pelabuhan Jepara biasanya berangkat hari Selasa, Kamis, Sabtu pada jam 9 pagi. Sementara itu dari Karimunawa menuju Jepara, Rabu, Jumat, Minggu jam 8 pagi.

8 Kepulauan di Indonesia yang Asik Untuk Liburan

Biasanya jadwal ini tidak tetap, dan bisa berubah-ubah sesuai dengan cuaca atau ombak di laut jawa. Seandainya terjadi gelombang tinggi maka pihak perhubungan di pelabuhan tidak akan memberikan izin pelayanan dan jadwal keberangkatan kapal akan berubah mengikuti perubahan cuaca. Pelabuhan Jepara juga bisa membawa mobil dan motor untuk diseberangkan ke Karimunjawa.

Karimunjawa ini adalah gugusan pulau yang terdiri dari 27 pulau, dan dari kesemuanya hanya lima pulau yang berpenghuni. Setiap pulau menyimpan keunikan masing-masing, jadi jangan buang kesempatan untuk berkeliling pulau dengan perahu ya! Tarif sewanya adalah sekitar 400 – 600 ribu yang bisa mengangkut penumpang maksimal 20 orang. Sambil menikmati cantiknya masing-masing pulau, kalian juga bisa bersnorkling ria dan menikmati keindahan terumbu karangnya.

 

Post Your Comment Here

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *