Curug Cimarinjung Air Terjun Menjulang Tinggi Di Sukabumi

Curug Cimarinjung Air Terjun Menjulang Tinggi Di Sukabumi

Cutimulu – Curug Cimarinjung merupakan salah satu tempat wisata air terjung di Geopark Ciletuh. Bisa dibilang ini adalah salah satu curug indah wisata tersembunyi di Sukabumi. Soalnya memang lokasi curug yang satu ini masih berada di daerah Sukabumi.

Lokasi Curug Cimarinjung ini berada di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Nama air terjun Curug Cimarinjung ini sendiri diambil dari nama desa tempat keberadaannya, Kampung Cimarinjung.

Meskipun sebenarnya lokasi tepat dari curug ini adalah di perbatasan Desa Ciwaru dan Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Sementara itu untuk akses ke Curug CImarinjung lebih mudah dijangkau dari Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru karena lebih dekat.

Sesuai dengan namanya yaitu Curug Cimarinjung, lokasinya sendiri berada di aliran Sungai Cimarinjung yang berada pada ketinggian 100 meter diatas permukaan air laut (Mdpl). Sungai Cimarinjung ini juga merupakan salah satu sungai bermuara ke Teluk Ciletuh di Samudera Hindia.

Curug Cimarinjung Air Terjun Menjulang Tinggi Di Sukabumi

Selain terdapat Curug Cimarinjung, pada aliran sungai tersebut juga terdapat dua buah curug lain. Yaitu Curug Dogdog yang bentuknya panjang seperti dogdog alat musik tabuh tradisional dari Jawa Barat, dan Curug Nyelempet karena aliran airnya sempit-sempit, diambil dari bahasa sunda nyelempet.

Meskipun dahulu tidak banyak orang yang berkunjung kesini karena aksesnya lumayan susah, di era media sosial curug yang berada di Sukabumi ini sekarang kian terkenal. Setiap hari makin banyak orang yang berkunjung untuk menikmati keindahan tempat ini.

Apalagi beberapa waktu lalu tempat wisata ini sempat diliputi dalam salah satu acara jalan-jalan di sebuah TV swasta Indonesia. Acara My Trip My Adventure TRANS TV yang dipandu oleh Deni Sumargo (Densu) dan juga David John Schaap berkunjung untuk meliput keindahan curug di Sukabumi ini. Secara khusus acara My Trip My Adventure ini membahas tentang area Geopark Ciletuh.

Curug Cimarinjung Air Terjun Menjulang Tinggi Di Sukabumi

Waktu terbaik untuk menikmati wisata air terjun di Sukabumi ini adalah ketika debit air sedang tinggi. Pemandangan air mengalir deras dari air terjun setinggi sekitar 45 meter ini akan menjadi atraksi alam yang luar biasa indah bukan?

Memang pemandangan curug di area pedesaan merupakan pemandangan yang menyenangkan mata dan hati. Suasana alam yang masih alami dilengkapi dengan curahan air terjun mengalir sangat deras, plus pemandangan tebing bebatuannya yang sangat memukau.

Ya, selain air terjun, pemandangan tebing berwarna merah kecokelatan ini lengkap dengan tumbuhan hijau yang menempel di tebing air terjun membuat Curug Cimarinjung kian memukau.

Selain itu disini adanya dua bongkah batu berukuran besar yang mengapit aliran air sebelum turun ke bawah. Itu juga yang membuat salah satu wisata air terjun di Sukabumi ini berbeda dengan lainnya.

Cara Menuju ke Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung berada lumayan jauh dari pusat Kota Kabupaten Sukabumi. Jaraknya sekitar 99 Km dari pusat Kota Kabupaten Sukabumi atau perlu menempuh perjalanan sekitar 4 jam.

Namun untuk pergi ke salah satu tempat wisata di Sukabumi ini bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Sayangnya tidak ada transportasi umum yang bisa diandalkanb, jadi disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi saja.

Curug Cimarinjung Air Terjun Menjulang Tinggi Di Sukabumi

Untuk beberapa rute jalan menuju Curug Cimarinjung adalah sebagai berikut:

  1. Dari pusat Kabupaten Cianjur ambilan rute jalan raya Sukabumi-Pelabuhan Ratu-Ciemas. Alternatifnya rute Sukabumi – Jampang Tengah – Ciemas. Mau memilih yang manapun kedua jalur ini akan bertemu di satu titik pertigaan Kiara Dua, Desa Kertajaya. Kecamatan Simpenan. Dari pertigaan Kiara Dua tadi baru dilanjutkan menuju Waluran. Setelah sampai di pertigaan Waluran lanjutkan berbelok kanan hingga sampai di Kampung Ciloa. Desa Caringin Nunggal. Dari sini belok kanan hingga kalian sampai ke Desa Ciwaru tepat ke wilayah pesisir.
  2. Atau juga bisa melewati jalur Kota Sukabumi – Palabuhanratu via Citarik –  Simpenan – Kiaradua – Jalan Pal Tilu – Desa Ciemas – Desa Tamanjaya – Desa Ciwaru – Pantai Palangpang – Curug Cirmarinjung.
  3. Alternatifnya kalian melewati jalur kota Sukabumi – Ujunggenteng via Jampang Tengah – Lengkong – Waluran – Ciracap – Ciemas – Desa Tamanjaya – Desa Ciwaru – Pantai Palangpang – Curug Cimarinjung.
  4. Air terjun ini juga bisa ditempuh melalui jalur laut. Yaitu dengan menyewakapal dari Pelabuhan Ratu dengan rute: Teluk Pelabuhan Ratu – Pantai Palangpang – Dilanjutkan berjalan kaki melewati pematang sawah dan jalur setapak. Waktu tempuh adalah sekitar 1 jam perjalanan atau lebih tergantung kondisi cuaca.

Curug Cimarinjung Air Terjun Menjulang Tinggi Di Sukabumi

Perlu dicatat. Mungkin sebagian jalur menuju air terjung akan berada dalam kondisi kurang bagus, terutama setelah memasuki Kecamatan Ciemas. Tanjakan, turunan dan tikungan yang tajam akan menghiasi perjalanan kalian. Jadi sebaiknya berhati-hati dalam berkendara di jalur ini.

Namun begitu, pemandangan indah seperti perkebunan dan perbukitan akan kalian temui disepanjang jalurnya, Tidak usah tergesa-gesa dalam perjalanan menuju Curug Cimarinjung. Kalau memang capek sebaiknya berhenti untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan yang ada.

Tips Berkunjung ke Curug Cimarinjung Ciletuh

Curug Cimarinjung Air Terjun Menjulang Tinggi Di Sukabumi

Demi kenyamanan kunjungan wisata, mungkin ada baiknya memperhatikan beberapa tips di bawah ini:

  1. Curug ini kurang cocok untuk wisata keluarga yang membawa anak kecil atau balita. Karena aksesnya bisa dibilang lumayan susah.
  2. Tidak ada fasilitas penginapan di dekat air terjun, jadi sebaiknya tidak berkunjung kesini terlalu sore. Selain itu sebaiknya membawa perbekalan makanan dan minuman sendiri karena penjual makanan belum banyak.
  3. Wisata air terjun di Ciletuh Sukabumi ini sangat cocok untuk penggemar kegiatan alam terutama untuk yang suka air terjun.
  4. Jika ingin menikmati panorama tebing Curug Cimarinjung datanglah pada musim kemaraui. Sebaliknya jika ingin menikmati kedahsyatan air mengalir deras di air terjun, datanglah ketika musim hujan disaat debit air sedang tinggi.
  5. Fasilitas di dekat curug untuk para wisatawan adalah toilet, musholla, pos tiket, parkir luas untuk sepeda motor juga mobil dan beberapa warung kecil menjual makanan serta minuman.

Harga Tiket Masuk ke Curug Cimarinjung

Untuk keindahan yang tersedia, harga tiket ke Curug Cimarinjung cukup murah. Kalian cukup membayar tiket masuk sebesar IDR 3.000 saja kok. Selain itu tarif parkirnya adalah IDR 3.000 untuk sepeda motor dan IDR 5.000 untuk mobil. Cukup murah bukan?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *