Gili Labak Surga Kecil di Jawa Timur Yang Sering Terlewatkan

Gili Labak Surga Kecil di Jawa Timur Yang Sering Terlewatkan

Cutimulu РDibandingkan dengan Gili Trawangan yang namanya sudah begitu populer bahkan hingga mancanegara. Berbeda dengan Gili Labak yang berada di Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur ini masih sangat sedikit masyarakat mengetahui kecantikan dan keberadaannya.

Kalian sendiri tentunya belum banyak yang mengetahui bahwa ternyata Madura yang terkenal dengan jembatan Suramadunya ini menyimpan sebuah surga kecil yang patut untuk kalian kunjungi bernama Gili Labak. Iya, pulau kecil di sudut provinsi Jawa Timur yang menyimpan keindahan luar biasa.

Gili Labak Surga Kecil di Jawa Timur Yang Sering Terlewatkan

Gili Labak Surga Kecil di Jawa Timur Yang Sering Terlewatkan

Gili Labak merupakan pulau kecil tak berpenghuni yang memiliki luas sekitar 5 hektar, sehingga pengunjung dapat mengelilinginya secara keseluruhan hanya dalam waktu 30 menit saja. Berada di Gili Labak tidak akan membuat kalian merasa sedang berada di Madura yang dikenal begitu gersang dan panas, karena putihnya pasir serta birunya  air laut yang mengelilingi membuat Gili Labak begitu mudah menghipnotis siapapun yang datang berkunjung.

Bagi kalian yang menikmati keindahan dari Hidden Paradise satu ini, sebaiknya datang pada musim dan waktu yang tepat. Karena ketika menyebrang dari Pelabuhan Kalianget, kalian akan disambut oleh ombak yang cukup kuat. Maka disarankan untuk datang ketika musim kemarau saja, karena akan sangat beresiko apabila kunjungan berlangsung di musim penghujan.

Keindahan Pulau Gili Labak tidaklah kalah indah dari 3 Gili yang berada di pulau Lombok (Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air) bahkan di pulau ini akan jauh lebih nyaman karena masih sangat sepi pengunjung. Bentangan pasir putih dan kebiruan laut dengan ombak yang landai membuat Gili Labak sangat layak untuk dijelajahi.

Bahkan saking bening air laut yang dimilikinya, kalian hanya cukup diatas perahu untuk dapat menyaksikan para ikan-ikan serta guguran terumbu karang yang sangat indah.

Dengan begitu kegiatan snorkeling dan diving menjadi kegiatan yang wajib ketika berkunjung ke Gili kecil di dekat Pulau Madura ini. Karena tidak hanya pesona keindahan pantainya saja, pulau ini juga memiliki keindahan bawah laut yang begitu luar biasa indahnya. Namun perlu diingat, karena tidak ada penyewaan alat menyelam di sekitar pulau Gili Labak, maka sebaiknya kalian membawa peralatan sendiri.

Karena masih sangat sedikit wisatawan yang datang ke pulau ini, fasilitas yang tersedia di Gili Labak pun masih sangat sedikit. Misalnya tidak adanya sumber air tawar dan listrik yang hanya ada ketika malam hari saja, sehingga kebutuhan pengunjung akan air bersih dan listrik haruslah dibatasi.

Tidak hanya itu, karena di pulau ini juga belum terdapat tempat penginapan yang bisa disewa pengunjung, jadi jangan berharap fasilitas lebih. Sehingga bagi kalian yang ingin bermalam bisa menggunakan alternatif membangun tenda atau camping dengan membawa perbekalan serta perlengkapan pribadi. Tentu akan lebih seru, menginap di pulau indah dengan sensasi petualangan bukan?

Cara Kesana dan Tips Mengunjungi Pulau Gili Labak

  1. Dari Surabaya menuju ke Sumenep dapat dicapai dengan menggunakan angkutan bus atau mobil pribadi dengan waktu tempuh kurang lebih dari 5 jam.
  2. Tiba di terminal bus Sumenep untuk menuju ke Pelabuhan Kalianget dapat dicapai dengan angkutan umum atau menggunakan ojek/bemo.
  3. Dari Pelabuhan Kalianget, kalian dapat menyewa perahu nelayan seharga kurang lebih dari Rp 400.000 pulang-pergi dengan kapasitas sekitar 18 orang.
  4. Selanjutnya kalian akan menempuh perjalanan laut untuk langsung tiba di Pulau Gili Labak.
  5. Karena belum ada warung atau tempat makan, sebaiknya kalian membawa perbekalan yang cukup.
  6. Simpan semua gadget (handphone dan kamera) ketika melakukan perjalanan laut.

Lalu bagaimana dengan pulau yang indah ini? Tentu dengan wisata di Madura nggak cuma ini saja. Masih ada yang namanya Bukit Jaddih, sebuah bukit yang instagramable di Kota Bangkalan. Tertarik untuk berwisata ke Madura? Tunggu apalagi, berangkat!

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *