Kampung Pelangi – Wisata Terbaru di Kota Semarang

Cutimulu – Kampung pelangi di Semarang ini tampaknya mengikuti kisah sukses Kampung Jodipan yang ada di Malang. Dengan strategi yang mirip, kampung yang sebelumnya dikenal dengan Kampung Wonosari ini cukup cepat menarik perhatian dunia.

Lagi-lagi karena sosial media Instagram, akhirnya kampung ini jadi ngehits. Bahkan sepertinya sekarang cukup layak untuk menjadi salah satu tempat wisata yang cukup instagramable di Semarang. Kalau Jodipan berhasil menyedot banyak perhatian masyarakat Indonesia, Kampung Pelangi di Semarang ini sampai menyedot perhatian beberapa media internasional.

Media besar seperti Buzzfeed dan beberapa media negara tetangga bahkan sempat mengulas tentang keberadaan kampung ini. Tapi sebenarnya bagaimanakah kenapa kampung ini bisa jadi ngehits dan terkenal? Awalnya tempat ini mungkin tidak pernah terlihat dari mata dunia.

Pasalnya, Kampung Wonosari ini hanyalah sebah kampung kumuh yang berada di Semarang. Letaknya sendiri tepat berada ditepi Kali Semarang dan terdapat hanya sekitar 300-an rumah.

Sudah jelas, seperti kebanyakan kampung kumuh lainnya yang ada di Indonesia. Kampung ini begitu tak tertata, dan berantakan. Banyak rerimbunan tanaman liar dan tembok-tembok rumah kusam yang berantakan. Akan tetapi semua itu berubah sejak dijalankannya proyek perbaikan Pasar Bunga Kalisari. Gara-gara itu, kampung Wonosari berubah menjadi salah satu tempat wisata asik di Semarang.

Kampung Pelangi - Wisata Terbaru di Kota Semarang

Sebelum menjadi hits, nama sebelumnya adalah Kampung Wonosari.

Awalnya proyek ini memakan biaya sekitar IDR 9,6 Milyar tersebut diharapkan bisa membuat pasar bunga tadi menjadi sebuah destinasi wisata baru di Semarang. Akan tetapi apa dikata, setelah perbaikan Pasar Bunga Kalisari selesai, ternyata perkampungan yang ada di belakangnya adalah perkampungan kumuh. Tentu itu bukanlah hal yang mendukung sebuah destinasi pariwisata bukan?

Dari sanalah ide-ide membuat Kampung Wonosari yang awalnya kumuh, menjadi Kampung Pelangi dengan warna-warni yang cantik ini. Meski bukanlah kampung warna-warni pertama di Indonesia, namun Kampung Pelangi Semarang ini malah menyedot perhatian dunia. Sebagaimana kampung ini banyak diliputi media internasional seperti “The Independent” dan Mirror.

Ide ini diawali oleh kepala sekolah SMP Slamet Widodo, 54 tahun. Proyek pengecatan warna-warni Kampung Wonosari ini juga terinspirasi oleh setidaknya 3 kota lain yang ada di Indonesia. Sampai saat ini tak kurang sekitar 232 rumah di Kampung Pelangi telah menjadi karya seni. Mural kreatif yang menghiasi dinding lorong sempit menerobos kehidupan, memberi nadi kehidupan ke seluruh desa yang awalnya hanya sebuah desa kumuh.

Kampung Pelangi - Wisata Terbaru di Kota Semarang

Dari kampung kumuh. sekarang menjadi sebuah kampung indah berwarna-warni.

Semenjak kampung ini berubah menjadi warna-warni bak Pelangi, akhirnya banyak wisatawan lokal yang datang berkunjung kesini. Kebanyakan dari mereka tahu keberadaan Kampung Pelangi Semarang ini dari sosial media Instagram. Kalian bisa mencarinya dengan tagar #kampungpelangi di Instagram.

Biasanya mereka datang pada pagi hari maupun sore hari untuk berburu foto atau sekedar selfie. Memang, di pagi hari dan siang hari adalah waktu terbaik untuk berburu foto soh. Makanya pada waktu pagi dan sore hari merupakan waktu terbaik untuk berkunjung ke Kampung Pelangi ini.

Bisa jadi setelah ini akan banyak bermunculan kampung pelangi lain di Indonesia dengan kesuksesan dari Jampung Jodipan yang ada di Malang dan Kampung Wonosari di Semarang ini. Atau cara ini juga menjadi sebuah cara yang efektif untuk memajukan perekonomian masyarakat yang sebelumnya hanyalah sebuah perkampungan kumuh.

Kampung Pelangi - Wisata Terbaru di Kota Semarang

Yakin gak mau berkunjung ke tempat wisata di Semarang yang lagi ngehits ini?

Beberapa warga juga menyebutkan karena kampungnya sekarang menjadi ramai. Mereka mendapatkan penghasilan tambahan dari berjualan. Dari yang dulunya tidak berjualan, sekarang mulai berjualan dan mendapatkan keuntungan. Salah seorang warga bahkan menyebutkan kalau lagi ramai, sehari bisa mendapatkan penghasilan ratusan ribu.

Sampai sekarang ini kira-kira sudah ada sekitar 200-an rumah yang selesai dihiasi dengan cat berwarna-warni di Kampung Pelangi. Dari total sekitar 300 an rumah, masih ada sekitar 100-an rumah lagi yang belum rampung untuk diwarnai. Memang proyek pengecatan di Kampung Pelangi ini belum sepenuhnya selesai. Rencannya, akan dilanjutkan pada tahap kedua nanti.

Tips Berkunjung ke Kampung Pelangi

Kampung Pelangi - Wisata Terbaru di Kota Semarang

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Kampung Pelangi adalah ketika pagi hari atau sore hari.

  • Bawalah kamera yang mumpuni, atau minimal gunakan kamera smartphone dengan kualitas megapiksel yang lumayan untuk mengabadikan di kampung yang telah dihiasi dengan cat warna-warni ini.
  • Ketika berburu foto di Kampung Pelangi sebaiknya jangan sampai menganggu aktivitas masyarakat sekitar. Kalau mau foto di properti pribadi, usahakan minta ijin terlebih dulu.
  • Pagi hari dan sore hari adalah waktu terbaik untuk berburu foto. Karena pada waktu itu kondisi cahaya matahari masih tidak terlalu kuat dan juga tidak terlalu lemah.
  • Jika ingin mencari inspirasi foto Instagram, sebaiknya kalian melihat-lihat dulu tagarnya #kampungpelangi di Instagram. Disana sudah mulai banyak foto-foto tentang kampung ini.
  • Cara termudah ke Kampung Pelangi Semarang adalah dengan kendaraan pribadi.
  • Jangan buang sampah sembarangan ya, kan sayang kalau tempatnya jadi kotor karena ulah oknum yang suka buang sampah sembarangan.
  • Usahakan membeli makanan, minuman ataupun hal yang bisa membantu perekonomian masyarakat sekitar. Jadi selain mendapatkan banyak foto cantik di Instagram, kalian bisa membantu perekonomian masyarakat setempat.

Fakta Tentang Kampung Pelangi di Semarang

Kampung Pelangi - Wisata Terbaru di Kota Semarang

Foto sebelum Kampung Pelangi di renovasi dan menjadi hits di Instagram!

  • Dulunya tempat ini termasuk sebuah perkampungan kumuh, namun sekarang sudah berubah 180 derajat menjadi sebuah tempat wisata terbaru yang hits di Semarang.
  • Kampung yang berwarna-warni ini nggak cuma menyedot perhatian masyarakat di Indonesia saja, namuan sempat ngehits hingga ke media yang ada di luar negeri.
  • Walikota Semarang, Hendar Prihadi bahkan memasukkan kampung ini kedalam program kampung tematik untuk pariwisata di Semarang.
  • Kampung ini adalah tempat yang sempurna untuk berburu foto #OOTD di instagram.
  • Kampung Pelangi termasuk salah satu dari kampung yang dihias dengan cat berwarna-warni di Indonesia.

 

Post Your Comment Here

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *