5 Tips Liburan Hemat ala Backpacker

5 Tips Liburan Hemat ala Backpacker

Cutimulu – Traveling kini menjadi salah satu kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi oleh anda. Karena, dengan berjalan-jalan ke tempat wisata, anda dapat menghilangkan segala penat dan juga stres yang dirasakan akibat kesibukan dan padatnya rutinitas selama ini.

Namun sayangnya, masih banyak yang beranggapan kalau kegiatan ini membutuhkan banyak biaya. Sehingga beberapa orang memilih untuk tidak menghabiskan waktu libur mereka dengan berjalan-jalan. Padahal, anda bisa mencoba liburan ala backpacker agar lebih hemat saat melakukan traveling, berikut di bawah ini adalah beberapa tips liburan hemat ala backpacker yang dapat anda coba.

5 TIPS LIBURAN HEMAT ALA BACKPACKER

5 Tips Liburan Hemat ala Backpacker

  • Cara Tempat Wisata yang Jarang Dikunjungi Namun Menarik

Tentu saja prinsip paling utama untuk berwisata murah adalah dengan mencari tempat yang biaya hidup maupun biaya transportasinya tidak terlalu mahal. Akan lebih baik lagi jika tempat tersebut masih jarang dikunjungi oleh para turis sehingga perjalanan anda kesana pun akan terkesan lebih istimewa. Oleh karena itu, dibutuhkan riset dan rencana yang matang untuk menemukan tempat-tempat seperti ini.

Apabila ingin berwisata keluar negeri, pilihlah negara yang dapat membuat visa on arrival (Visa yang dibuat saat mendarat di bandara tujuan). Hal ini dapat menghemat biaya dan waktu anda. Negara-negara seperti Nepal, India, Maladewa bisa menjadi tujuan ideal, karena proses visa yang mudah dan biaya transpotasi yang relatif murah.

  • Hanya Membawa Barang-Barang Penting saja

Semakin dikit barang bawaan anda, maka akan semakin praktis pula perjalanan anda. Ingatlah yang dimaksudkan disini adalah konsep ala backpacker. Dimana para backpacker hanya berpergian dengan satu tas ransel saja, tanpa koper-koper besar berukuran berat. Apalagi anda yang berpergian ke luar negeri, jumlah bagasi anda akan menentukan seberapa banyak uang yang anda miliki.

Jangan membawa terlalu banyak baju, maksimal bawa 2 celana panjang dengan bahan yang cepat kering saja. Usahakan barang bawaan anda muat dalam 1 ransel yang bisa dijinjing dan jangan lupa untuk menyisakan sedikit tempat ekstra untuk oleh-oleh selama perjalanan pulang.

  • Membawa Buku Panduan

Buku panduan traveling ini wajib anda bawa, apalagi untuk anda yang solo-traveling. Jika anda berwisata  ke luar negeri, belum pasti anda bisa mendapatkan jaringan internet dengan gratis. Oleh karena itu, carilah buku-buku panduan terbaik, seperti karya Lonely Planet. Jika ukurannya terlalu besar, fotokopi saja bagian  yang diperlukan.

Selain buku panduan, peta juga akan sangat esensial. Akan lebib bagus jika anda bisa mendapatkan peta transportasi publik, seperti jalur bus atau jalur kereta. Jangan beli buku panduan di airport atau tempat-tempat wisata, karena harganya pasti akan lebih mahal.

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata Paling Romantis yang Wajib Dikunjungi Bersama Pasangan

  • Lakukanlah Riset Sebelum Berangkat dan Buat Rencana Perjalanan

Melakukan riset dan perencanaan yang matang sangat perlu dilakukan apabila anda ingin berwisata murah. Cobalah untuk menemukan hotel-hotel yang menyediakan harga terjangkau, namun memiliki fasilitas terbaik. Telusuri objek-objek wisata yang ingin anda kunjungi dan rencanakan metode transportasi untuk pergi dari satu tempat ke tempat lainnya yang benar-benar matang. Tentukan juga jenis wisata yang anda inginkan, apakah anda ingin pergi ke tempat wisata peninggalan budaya, tempat wisata romantis atau melakukan berbagai kegiatan lintas alam.

Cobalah juga untuk mendengarkan dan membaca cerita dari orang-orang yang sudah pernah berwisata ke tempat tersebut. Jangan juga lupa untuk membuat rencana perkiraan anggaran yang matang, dan buat juga rencana B di balik rencana A anda.

  • Booking Transportasi anda Jauh-jauh Hari Sebelumnya

Transportasi merupakan sektor paling menyedot dana saat berwisata. Apalagi jika anda berencana untuk naik pesawat. Oleh karena itu, cobalah untuk mencari budget airlines ataupun maskapai penerbangan yang murah seperti Tiger Airways atau Air Asia untuk penerbangan internasional dan Mandala untuk penerbangan lokal.

Budget airlines juga biasanya harga tiketnya jauh lebih murah apabila di booking jauh-jauh hari. Bahkan mereka terkadang memberikan produk diskon yang bisa menghemat sejumlah uang. Oleh karena itu perhatikan dengan benar-benar faktor-faktor seperti ini.

 

Post Your Comment Here

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *