Taman Nasional di Indonesia yang Selalu Seru Dikunjungi Berkali-kali

Taman Nasional di Indonesia yang Selalu Seru Dikunjungi Berkali-kali , Keberadaan Indonesia yang berada di kawasan tropis membuat negeri ini selalu disinari matahari sepanjang tahun. Tentunya kalian semua tahu hal itu, bahwa di Indonesia hanya terjadi dua kali pergantian musim dalam setahun yaitu musim hujan dan kemarau.

Dikarenakan Indonesia memiliki iklim tropis-tropis tersebut. Membuatnya dilimpahi banyak kekayaan alam yang sangat melimpah. Tidak hanya itu, karena curah hujan yang tinggi pula, membuat tanah ini menjadi sangat subuh sehingga flora dan fauna hidup beraneka ragam di Ibu Pertiwi ini.

Kekayaan alam yang dimiliki Indonesia terbukti dari terdapat banyaknya taman nasional yang dilestarikan diseluruh penjuru tanah air. Untuk kalian yang belum memahaminya, Taman Nasional merupakan kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi (pasal 1 butir 14 UU No. 5 Tahun 1990).

Keuntungan kalian berkunjung ke taman nasional, sudah tentu kalian akan mendapatkan sebuah pemandangan serta ekosistem asli, serta ilmu pengetahuan yang berharga dari tempat tersebut. Berikut ini merupakan beberapa taman nasional yang mungkin dapat menjadi inspirasi dan destinasi berlibur kalian selanjutnya.

  • Ingin Melihat “Paru-Paru Dunia”?! Datanglah ke Taman Nasional Gunung Leuser yang Memiliki Hutan Gunung yang Lebat

Taman Nasional di Indonesia yang Selalu Seru Dikunjungi Berkali-kali

Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) merupakan taman nasional yang dikenal memiliki panorama alam dan “paru-paru” dunia. Tidak hanya Pemerintah Indonesia yang menetapkan TNGL sebagai cagar alam nasional, UNESCO juga menetapkannya sebagai warisan dunia (Cagar Biosfir). Kekayaan alam yang dimiliki taman nasional ini yakni berupa hutan Gunung Leuser yang lebat, hutan hujan tropika yang didalamnya terdapat beberapa sungai, danau, sumber air panas, lembah dan air terjun.

Ekosistem alam yang dimilikinya juga sangatlah indah dan beragam, meliputi dataran rendah (pantai) hingga pegunungan. Terdapat pula beragam satwa langka yang dilindungi seperti, kucing hitam, harimau Sumatera, rangkong, orang utan, siaman, ular, kupu-kupu, burung, gajah Sumatera, badak Sumatera, kambing hutan dan rusa sambar. Selain itu, terdapat tumbuhan pencekik (ara) dan tumbuhan langka lainnya, seperti bunga raksasa “Rhizanthes Zippelnii” yang berdiameter 1,5 meter, bunga raflesia dan daun payung raksasa.

  • Di Taman Nasional Kerinci Seblat Kalian Dapat Menemui Flora & Daun Fauna Langka yang Dilindungi

Taman Nasional di Indonesia yang Selalu Seru Dikunjungi Berkali-kali

Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan taman nasional terbesar yang berada di Sumatera. Memiliki seluas 1.368.000 Ha. Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) juga merupakan area konservasi alam yang terletak di empat provinsi yaitu: Sumater Barat, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Selatan.

Taman nasional ini merupakan penyatuan dari beberapa cagar alam yaitu Inderapura dan Bukit Tapan, serta Suaka Margasatwa Rawasa Huku Lakitan-Bukit Kayu Embun dan Gedang Seblat. Kawasan tersebut berfungsi sebagai hidro-orologis yang sangat vital bagi wilayah sekitarnya.

Di taman nasional ini kalian dapat menjumpai flora yang dilindungi seperti Kantung Semar (Nephents Ampularia), Bunga Anggrek dan beragam tumbuh-tumbuhan tropikal. Selain itu juga terdapat fauna yang dilindungi seperti Macan, Beruang, Rusa dan jenis-jenis primata serta burung.

Terdapat pula endemik primata yang langka dan dilindungi di TNKS yakni Simpai, Ungkoi, Siamang (Symphanlangus Syndactylus), monyet dan bekantan. Bagi kalian yang tertarik untuk bermalam, TNKS menyediakan penginapan bagi wisatawan.

  • Ingin Mengunjungi Rumah Gajah, Bisa Datang ke Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional di Indonesia yang Selalu Seru Dikunjungi Berkali-kali

Taman Nasional Way Kambas yang berada di ujung selatan Pulau Sumatera ini merupakan rumah sekaligus pusat pelatihan dan taman bermain gajah sumatera. Terdapat sekitar 200 gajah sumatera yang menjadikan hutan ini sebagai rumah mereka. Lokasinya terletak 9 km dari pintu masuk taman Plang Ijo.

Di pusat Pelatihan Gajah Way Kambas, kalian dapat menyaksikan secara langsung gajah yang melakukan berbagai tugas dan aktifitas unik lainnya. Kegiataannya bermain sepakbola menjadi salah satu pertunjukkan paling menghibur yang dapat kalian nikmati.

Tidak hanya gajah, di TNWK terdapat pula badak sumatera yang dilindungi oleh habitat aslinya. Mamalia lainnya yang hidup di taman nasional ini antara lain: Harimau Sumatera, Tapir, Anjing Hutan, Siamang dan berbagai jenis burung serta Reptilia.

JIka kalian tertarik untuk menikmati suasana malam, kalian dapat mendirikan tenda di daerah Pos Jaga Plang Hijau. Namun untuk menginap, kalian dapat meminta surat SIMAKSI di Kantor Penjagaan.

 

Post Your Comment Here

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *