Tips Membuat Visa Kuba Untuk Pemegang Passport Indonesia

Tips Membuat Visa Kuba Untuk Pemegang Passport Indonesia

Cutimulu.com Kuba merupakan salah satu negara komunis di dunia yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan, termasuk Indonesia. Belum banyak traveller yang tahu cara kesana karena pernah di embargo oleh Amerika Serikat.

Meskipun hal ini tidak mempengaruhi wisatawan Indonesia untuk pergi kesana, namun tentu saja ada rasa takut. Akan tetapi, saat ini Kuba sudah terbuka dan menjadi salah satu destinasi favorit untuk dikunjungi. Tapi sebelum itu, kamu harus tahu cara membuat Visa Kuba terlebih dulu bukan?

Negara Kuba yang sempat “tertutup” selama 50 tahun, menjadi destinasi yang unik karena kita seperti balik ke masa lalu. Bayangkan saja jalan-jalan di Kuba seperti Indonesia tahun 50-an! Lihat mobil-mobil antik berjalan lalu lalang dan liburan tanpa akses internet. Bakalan seru banget bukan traveling di Kuba?

Tips Membuat Visa Kuba Untuk Pemegang Passport Indonesia

Tips Membuat Visa Kuba Untuk Pemegang Passport Indonesia

Cara Buat Visa Kuba dari Amerika:

Lantas bagaimana cara buat visa Kuba ini? Untuk membuat visa Kuba ini apabila anda sudah berada di Amerika Serikat bisa dibeli langsung di airport transit sebelum tujuan final atau melalui agent. Visa ini cukup berbentuk kertas dan tidak ditempel di passport.

Jadi pastikan sebelum berangkat kertas ini tidak hilang. Pada saat pembelian, nanti identifikasi anda, seperti nomor passport anda akan dicatat oleh petugas. Apabila membeli visa di airport, harus melalui maskapai yang kamu pergunakan. Contoh dari pengalaman saya, antara melalui jalan beli visa di airport dan via agent:

Cara Buat Visa Kuba di Airport Amerika Serikat:

  1. Berangkat ke Kuba dari New York City. Tujuan final kota Santiago de Cuba.
  2. Menggunakan pesawat JetBlue, New York City (JFK) – Fort Lauderdale Florida (FLL) – Holguin Cuba (HOG).
  3. Check-in di New York airport harus di counter JetBlue/maspakai khusus.
  4. Beri tahu pegawai check-in tiket kalau kamu mau pergi ke Kuba, karena mereka perlu mencatat khusus hal ini.
  5. Saat transit di Fort Lauderdale Florida (FLL), langsung berkunjung ke pihak informasi JetBlue atau maskapai kamu untuk membeli visa Kuba dengan harga $USD 50.

Ingat! Karena belum banyak orang yang pergi ke Kuba dan saat ini ada banyak sekali isu atau perubahan regulasi dikarenakan hubungan bilateral antara Kuba dan Amerika Serikat. Kita sebagai traveler perlu selalu mengikuti berita dan melakukan semua tahap yang diperlukan.

Baca Juga: Pedoman Cara Membuat Visa Schengen Eropa Secara Mandiri

Beli Visa Kuba di Agent:

Setelah mengunjungi Konsulat Kuba di New York, mereka menyarankan aku beli visa di agent. Sebagai warga negara Indonesia rata-rata pergi kemanapun kita perlu punya visa sebelumnya tentu saja aku mau menyiapkan semuanya. Daripada ditolak berangkat gara-gara tidak ada visa kan sedih.

Jadi ini proses pembuatan Visa Kuba/Visa Cuba yang harus dilakukan:

  1. Berangkat ke Kuba dari New York City. Tujuan final kota Santiago de Cuba.
  2. Sudah beli tiket pesawat JetBlue, New York City (JFK) – Fort Lauderdale Florida (FLL) – Holguin Cuba (HOG).
  3. Bawa semua dokumen ke agent untuk apply visa, Dokumen:
  • Paspor Asli
  • Fotokopi itinerari pesawat dengan nama kamu yang sudah tercantum. Pastikan nama di booking-an tiket pesawat sesuai dengan nama paspor.
  • Datang ke kantor agent dan kamu akan dapat bisa dalam 1 hari. Waktu tunggu tergantung ramai atau tidaknya agent tersebut. Karena kebetulan aku sepi, jadi dapat visa dalam waktu 1 jam. Tapi untuk berjaga-jaga siapkan waktu minimal 3 jam.
  • Apabila kamu mau membuat visa untuk teman kamu, bawa paspor asli kamu dan fotokopi berwarna paspor teman kamu. Jangan lupa bawa itinerary pesawat kamu dan teman kamu dengan lengkap masing-masing nama teman kamu.
  • Bayar visa. Karena melalui agen tentu saja harga lebih mahal, karena ada komisi. Harga bisa berbeda tergantung agentnya, namun rata-rata $75 – $100. Aku via agen yang kudatangi membayar $75.

Ingat! Meskipun pihak pesawat atau travel agent tidak menanyakan tentang asuransi travel, kamu tetap harus memiliki dan membawa buktinya. Karena, ini akan ditanyakan saat proses imigrasi di airport Kuba.

Tips Membuat Visa Kuba Untuk Pemegang Passport Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *