Daya Tarik Pantai Kesirat Bagi Pecinta Alam Terbuka di Gunungkidul

Daya Tarik Pantai Kesirat Bagi Pecinta Alam Terbuka di Gunungkidul

Cutimulu – Cukup banyak deretan pantai berpasir putih di Gunungkidul, semuanya indah dan memukau. Namun pantai satu ini, tetap bisa memukai meski tanpa pasir putih tersebut. Namanya Pantai Kesirat, sebuah pantai yang bisa mempesona caranya sendiri.

Sebagai pantai di Gunungkidul bertipe tebing karang, bukan pasir putih atau pemandangan buih ombak yang menjadi daya tarik pantai ini. Namun suara-suara deburan ombak yang pecah menabrak sisi-sisi karang, menjadi daya tarik magis dari Pantai Kesirat.

Suasana terasa serasa nyaman dan indah, saat pengunjung pantai satu per satu muncul, dan memasang tenda mereka. Meskipun bukan pantai berpasir putih, melainkan berumput hijau yang luas, pantai ini tetap indah dan menyenangkan. Bahkan, bagi penikmati kegiatan outdoor, hamparan rumput menjadi alas yang nyaman untuk menggelar tikar, dan mematok kokoh tenda untuk bermalam.

Keunikan Pantai Kesirat Dibanding dengan Pantai Gunungkidul Jogja lainnya

Daya Tarik Pantai Kesirat Bagi Pecinta Alam Terbuka di Gunungkidul

Di Pantai Kesirat ini kami bisa bersantai, menghindari kebisingan kota dan kesibukan sementara waktu. Melupakan sejenak hiruk pikuk hidup yang menggangu. Baik sendirian atau bersama beberapa teman, camping di pantai ini sangat nyaman, selama kamu mempersiapkan segalanya dengan lengkap.

Bersantai di pantai ini gampang sekali. Cukup membawa saja tikar untuk duduk-duduk bersama beberapa teman! Bawa juga kartu permainan, atau gitar dan cemilan untuk meramaikan suasana. Karena dipantai ini sangat mustahil untuk bermain-main pasir putih. Kalau kamu datang sendirian, kamu bisa baca buku di luar tenda yang sejuk. Namun begitu, Pantai Kesirat ini adalah salah satu pantai terbaik untuk piknik di Jogja!

Daya Tarik Pantai Kesirat Bagi Pecinta Alam Terbuka di Gunungkidul

Tentu kamu juga perlu bersikap semakin bijak. Pada senja hari, mungkin dengan memperhatikan situasi kamu bisa mengajak ngobrol beberapa orang yang terlihat ramah dan cukup terbuka dengan orang baru. Dengan tetap sopan, setidaknya kamu tidak benar-benar sendirian jika terjadi sesuatu.

Pantai yang Membentuk Tebing

Pantai Kesirat ini letaknya cukup tinggi, membentuk tebing curam. Beda dengan pantai pada umumnya yang ombak dan buih-buihnya menghantam kaki kita kalau bermain di tepian. Memang sebaiknya jangan mendirikan tendamu di pinggir. Sediakan jarak untuk lalu lalang, dan menghindari kecelakaan terjatuh atau menghindari air pasang!

Daya Tarik Pantai Kesirat Bagi Pecinta Alam Terbuka di Gunungkidul

Asiknya, asalkan kamu selalu waspada, posisi laut yang demikian cocok untuk rock fishing, loh. Sebuah tempat yang sempur untuk kamu yang punya hobi memancing. Mungkin kalau beruntung, kamupun akan menyaksikan penduduk desa yang menebarkan jala, untuk memperoleh lobster atau ikan untuk mereka jual.

Memang, pantai ini terbilang kecil dibanding pantai lain. Namun keindahan alam terbuka pantai ini tidak bisa diragukan lagi. Bahkan suasananya inspiratif, cukup bisa mempengaruhi mood. Dijamin, perasaan akan kembali fresh sepulang dari liburan. Sayangnya, ternyata masih sedikit orang yang tahu keberadaan pantai ini.

Daya Tarik Pantai Kesirat Bagi Pecinta Alam Terbuka di Gunungkidul

Kalau kamu bertanya pada orang ketika mencari lokasi Pantai Kesirat ini, jangan heran ketika orang memberimu ancar-ancar Pohon Gebangkoro. Pohon itu adalah satu-satunya pohon yang berdiri di kawasan pantai. Gara-gara hal ini, pohon tersebut sampai terkenal dan menjadi spot selfie favorit pengunjung pantai.

Mengenai fasilitas, selain lahan parkir yang cukup luas pantai ini juga menyediakan toilet. Ada juga warung yang menjual makanan dan minuman, hanya tidak terlalu banyak dan tidak 24 jam. Jadi memang sebaiknya kamu tetap sedia makanan dan minuman yang cukup sebelum berangkat dari rumah ya.

Rute Cara Pergi ke Pantai Kesirat

Daya Tarik Pantai Kesirat Bagi Pecinta Alam Terbuka di Gunungkidul

Pantai yang sering disebut Pantai Gesirat ini beralamat di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul. Dari kota Jogja, kamu membutuhkan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Dengan melalui Jl. Imogiri ke arah Panggang – Saptosari hingga bertemu papan penunjuk jalan bertuliskan “Pantai Kesirat”. Perjalanan selanjutnya, kamu akan menemukan tanjakan dan turunan, hingga di atas bukit kamu bertemu jalan setapak untuk menuju lokasi pantai ini.

Tiket Masuk ke Pantai Kesirat

Daya Tarik Pantai Kesirat Bagi Pecinta Alam Terbuka di Gunungkidul

Untuk keindahan yang bisa kalian dapatkan di pantai ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuknya saja. Tiket masuk lokasi Pantai Kesirat cukup murah, hanya IDR 5.000 per orang. Sedangkan untuk memarkir kendaraan, kamu harus membayar IDR 2.000 per motor atau ID  5.000 per mobil. Cukup murah bukan harga tiket masuk ke salah satu pantai keren di Gunungkidul ini?

Tips Wisata ke Pantai Kesirat

Berminat untuk camping di Pantai Kesirat ini? Atau sekedar memancing saja? Berikut ini tips buat kamu simak.

Daya Tarik Pantai Kesirat Bagi Pecinta Alam Terbuka di Gunungkidul

  • Datanglah bersama beberapa orang teman ke Pantai Kesirat! Selain bisa saling meringankan, suasana juga lebih hangat.
  • Sebaiknya bawa makanan dan minuman yang cukup. Selain untuk antisipasi warung makan yang tutup, kamu juga bisa lebih irit.
  • Isi penuh ponsel, kamera dan powerbank terlebih dulu dan simpan pada tempat yang aman selama tidak digunakan.
  • Selama di pantai, memang sebaiknya jangan terlalu banyak menatap layar ponsel. Nikmati suasana lebih baik.
  • Untuk camping memang lebih baik saat musim panas, untuk meminimalisir cuaca buruk. Namun jangan lupa untuk tetap membawa perlengkapan seperti payung, jaket, obat-obatan dan uang receh untuk memudahkan pembayaran.

 

 

 

 

Post Your Comment Here

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *